Mengapa Anda harus menggunakan panel surya? Berikut Alasannya !!!

Pembangkit listrik tenaga surya adalah suatu sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip efek fotovoltaik. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam baterai, kemudian digunakan untuk menyalakan perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan listriknya.

Apa itu Panel Surya?

Pembangkit listrik tenaga surya adalah suatu sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip efek fotovoltaik. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam baterai, kemudian digunakan untuk menyalakan perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan listriknya.

Sederhananya, cara kerja panel surya adalah dengan menyerap sinar matahari dan menyimpan energi yang dihasilkan di baterai. Dengan demikian, sistem dapat bekerja bahkan di sore hari, malam hari atau saat hujan. Selain itu, terdapat kabel yang menyatu dengan instalasi listrik rumah. Ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, misalnya saat menyalakan TV, listrik secara otomatis diambil dari baterai.

Manfaat menggunakan sinar matahari

Temukan manfaat menggunakan teknologi surya di bawah ini. Anda mungkin tertarik untuk memasang panel surya di rumah Anda.

1. Hemat tagihan listrik

Menaikkan tarif listrik tentunya berdampak pada kondisi ekonomi dan sosial masyarakat. Apalagi jika tagihan listrik Anda terus turun secara tidak proporsional seiring dengan meningkatnya pendapatan. Dengan menggunakan panel surya, tagihan listrik Anda akan berkurang hingga 50%, dan Anda bahkan tidak perlu membayar tagihan listrik Anda. Hal ini dikarenakan kebutuhan listrik rumah dapat dipenuhi secara mandiri.

BACA JUGA  Cara Memilih Nama Domain yang Baik dan Benar !!

 

2. Pencemaran lingkungan

Dengan menggunakan energi matahari, Anda membantu melestarikan lingkungan. Sinar matahari merupakan sumber kerusakan lingkungan dan selalu ada di alam.

 

Aturan untuk memasang panel surya di atap.

1. Hati-hati di mana Anda meletakkannya

Panel surya biasanya diletakkan di atap rumah karena menerima sinar matahari paling banyak. Namun, untuk hasil terbaik, Anda perlu memperhatikan lokasi rumah Anda. Semakin dekat rumah Anda, semakin mudah menangkap cahaya.

Anda juga harus memperhatikan arah muka atap, di mana tanah harus menyerap sinar matahari dan jarak antara panel surya atap dan panel listrik utama. Mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat merencanakan sistem pemasangan surya di atap dengan benar.

2. Beli peralatan yang tepat

Saat membeli panel surya, Anda tidak perlu berhati-hati. Pastikan untuk memeriksa apakah penjual tersebut dapat dipercaya dan membeli suku cadang terbaik dari penjual yang memiliki garansi pada produk. Penjual juga harus memberikan layanan jika terjadi masalah dan mendapatkan layanan purna jual. Hal ini penting karena berkaitan dengan peralatan listrik yang dapat berbahaya jika terjadi kerusakan atau masalah pada sistem.

 

Cara memasang dan membeli panel surya

1. Cara memasang panel surya

Panel surya harus dipasang oleh teknisi berpengalaman. Umumnya teknisi akan menganalisa kebutuhan energi pengguna dan jumlah panel surya yang akan dipasang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi Anda akan mendapatkan listrik, tagihan listrik bulanan dan biaya pemasangan panel surya. Setelah analisis selesai, penyedia layanan di tempat akan mencari instalasi.

Setelah survei lokasi, penyedia layanan kami akan memasang panel surya di atap Anda sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk rumah dengan daya 2200 watt, dibutuhkan sekitar 6-8 panel berukuran 1 x 2 m di atap rumah.

BACA JUGA  Cara Untuk Menghasilkan Cuan di Blog !!

2. Biaya pemasangan panel surya

Berapa banyak yang perlu Anda persiapkan untuk memasang panel surya di atap Anda? Harga dasar untuk 1 kilowatt pic (KWP) energi surya adalah sekitar $944,39. Total biaya tergantung pada ukuran panel surya yang akan dipasang. Misalnya, jika rumah atau toko telah memasang panel surya 10 kW, Anda perlu menggandakan harga dasar dalam KWP dan hasilnya adalah $9,456,26.

Operator perusahaan biasanya menggunakan volume 10 kW untuk membantu menghasilkan listrik. Sedangkan untuk rumah, instalasi tenaga surya lebih kecil dari angka-angka ini, berkisar antara 1 atau 2 kilowatt, dan jika diperhitungkan, harganya adalah $944,39 hingga $1,888,78.